Cara Sholat Dhuha Yang Baik Dan Benar

Cara sholat dhuha yang baik dan benar Sahabat Islam,bagi kita semua yang beragama islam tentunya tidak asing lagi dengan shalat sunah Dhuha. Shalat Dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.karena bagi mereka yang melaksanakannya akan mendapatkan limpahan pahala oleh ALLAH SWT.maka untuk mengetahui tentang Tata cara sholat Dhuha beserta bacaannya,akan saya bahas pada artikel dibwah ini.dan semoga bermanfaat bagi anda semua.
waktu sholat dhuha menurut sunnah

waktu sholat dhuha menurut sunnah

Shalat sunah Dhuhadikerjakan setelah terbit matahari sampai menjelang Dzuhur.Menurut pendapat ulama paling baik dikerjakan pada waktu jam 09.00-11.00.sebaiknya sholat dhuha dikerjakan sendiri(munfarid).Untuk jumlah rakaatnya minimal dua rakaat dan maksimal adalah dua belas rakaat.

Tata cara melaksanakan Sholat Dhuha:
Sebenarnya pelaksanaan Sholat Dhuha sama dengan sholat fardhu,yang membedakan adalah bacaan niat dan jumlah rakaatnya.
Niat Sholat Dhuha :
“Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillahi ta’aala.”
Yang Artinya :
“Aku niat Sholat sunat Dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.
Tata Cara Sholat Dhuha Dan Bacaannya
  1. Sebaiknya pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah dianjurkan membaca surat Asy-Syams dan pada rakaat kedua membaca surat Ad-Duha.
  2. Untuk Rakaat berikutnya baiknya pada rakaat pertama membaca surat al-kafirun dan rakaat kedua membaca surat al-Iklhas.
  3. Pada saat ruku’ membaca tasbih 3 kali
  4. Pada saat sujud pertama membaca tasbih 3kali
  5. Pada saat sujud ke dua membaca tasbih 3kali
  6. Setelah selesai rakaat kedua kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.Rakaat- rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.
  7. Setelah selesai sholat Dhuha sebaiknya membaca doa yang Rasulullah ajarkan.


Berikut ini doanya:
“ ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKAWAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA.ALLAHUMA INKAANA RIZKI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU.WA INKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU BIHAQQIDUHAA-IKA WABAHAAIKA WA JAMALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA AATINI MAA AATAITA NGIBADAKAS-SHOLIHIN.”

Manfaat Sholat Dhuha :
  • Dapat dilancarkan Rezekinya Oleh Allah SWT.
  • Akan di buatkan istana di Surga oleh ALLAH SWT.
  • Akan diampuni dosanya oleh ALLAH SWT.
  • Akan dicukupkan kebutuhanya oleh ALLAH SWT.
  • Dan masih banyak lagi tentang manfaat sholat Dhuha.

Nah sahabat islam ,itulah Cara sholat dhuha yang baik dan benar dan beberapa manfaatnya.marilah kita kerjakan sholat Dhuha agar mendapatkan pahala yang belimpah oleh ALLAH SWT. Cukupa demikian semoga bermanfaat bagi kita semua sahabat islam.

Tidak ada komentar untuk "Cara Sholat Dhuha Yang Baik Dan Benar"