Tata Cara, Niat Shalat Dzuhur Beserta Bacaannya Lengkap

Tata Cara Shalat Dzuhur Beserta Bacaannya Sahabat islami,Nabi besar  kita Nabi Muhammad SAW telah mewariskan shalat wajib 5 waktu.dimana sholat wajib itu wajib kita kerjakan.salah satunya adalah sholat Dzuhur. Shalat Dzuhur merupakan salah satu kedalam Shalat Wajib 5 Waktu yang wajib untuk dikerjakan oleh setiap insan muslim diseluruh dunia.karena mengerjakan Shalat merupakan salah satu Rukun Islam diajaran islam.
Tata Cara Sholat Dzuhur

Tata Cara Shalat Dzuhur


Shalat Dzuhur dikerjakan 4 rakaat dan hukum mengerjakan Sholat Dzuhur adalah Wajib.yang artinya Wajib dan harus dikerjakan oleh setiap muslim yang sudah baligh,baik itu pria maupun wanita,Berakal (Tidak Gila) dan Sehat secara jasmani maupun rohani. Namun apabila kita sedang ingin melakasanakan shalat tetapi tidak adanya air sebagai gantinya melaksanakan tayamum seperti artikel tata cara tayamum di sertai dengan bacaan yang lengkap.

Sahabat Islami,untuk Waktu Mengerjakan Sholat Dzuhur adalah mulai dari waktu Matahari telah tergelincir condong ke arah Barat dan Berakhir ketika sdh masuk waktu Shalat Ashar atau bisa disimpulkan secara mudah bahwa Waktu Shalat Dzuhur ini bisa kita kerjakan disaat waktu menunjukan pukul 12.00 siang & berakhir sekitar jam 03.00 siang.

Niat Sholat Dzuhur :
“Ushallii fardhazh-zhuhri arba'a raka'aatim mustaqbilal¬qiblati adaa'an (ma'muuman/imaaman)            lillaahita'aalaa”.
"Saya mengerjakan shalat fardhu zhuhur` empat rakaat menghadap kiblat (makmuman/imaman) karena Allah Ta’alla”.

Tata cara Shalat Dzuhur :
Sahabat Islami,sebelum melaksanakan sholat kita harus suci dari hadast,berpakaian rapi dan berwudlu terlebih dahulu
Berikut Ini adalah tata cara sholat dzuhur :
  1. Membaca niat dalam hati
  2. Membaca do’a iftitah pada rakaat pertama
  3. Membaca surat Al-Fatihah
  4. Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an yang kita hafal
  5. Ruku’ yang bacaannya :“Subhaana rabbiyal 'azhiimi wabihamdih “
  6. I’tidal yang bacaannya :Sami'allaahu liman hamidah, rabbanaa walakal hamdu”.
  7. Sujud yang bacaannya :“Subhaana rabbiyal a'laa wabihamdih “
  8. Duduk diantara dua sujud bacaannya :“Rabbighfirlii warhamnii warfa'nii wajburnii warzuqnii wahdinii wa 'aafinii wa'fu 'annii”
  9. Pada rakaat kedua pada saat duduk dintara dua sujud membaca do’a Tahiyat awal dan pada rakaat ke empat membaca Do’a Tahiyat akhir.
  10. Salam
Sahabat Islami,demikianlah tata cara dan niat sholat dzuhur.ada manfaat setelah kita selesai melaksanakan sholat dzuhur misalnya untuk melancarkan peredaran darah kita seusai bekerja,dapat mengobati rasa lelah.semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita dapat mengerjakannya secara tertib dan berjamaah.Amin.

Tidak ada komentar untuk "Tata Cara, Niat Shalat Dzuhur Beserta Bacaannya Lengkap"