Contoh Mad Lazim Mukhafaf Harfi Dalam Al Qur'an


Cabang dari mad far'i ada 14. Salah satunya adalah mad lazim mukhafaf harfi yang akan kita bahas kali ini. Sebelumnya kita sudah membahas secara garis besar mengenai mad thobi'i dan mad far'i serta pebagiannya. Tetapi kali ini kita akan belajar lebih dalam mengenai mad lazim mukhafaf harfi. Tentang apa pengertiannnya, bagaimana cara membacanya, dan contoh dari mad lazim mukhafaf harfi. langsung saja, berikut ini ulasannya:

Pengertian mad lazim mukhafaf kharfi secara bahasa adalah: lazim: harus/wajib, mukhafaf: ringan; ringan dalam melafadzkannya dan harfi: Huruf; mad yang terjadi karena huruf (bukan pada kata/kalimat). Sedangkan secara bahasa mad lazim mukhafaf harfi adalah: Mad thabi'i yang bertemu dengan sukun asli pada salah satu huruf hijaiyah yang tidak bertasydid.

Contoh Mad Lazim Mukhafaf Harfi Dalam Al Qur'an
Contoh Mad Lazim Mukhafaf Harfi Dalam Al Qur'an

Hukum mad lazim mukhafaf harfi hanya di gunakan pada awalan surat seperti O!9# yang terdiri dari 14 huruf: ص ل ه س ح ي ر ا م ن ق ط ع ك   Sedangkan 14 huruf tersebut terbagi menjadi 4:

  1. hurufnya ada 3. Dimana huruf mad terletak di tengah- tengah. Ada 7 huruf yang termasuk dalam bagian ini yaitu: ك م  س ل ن ق ص . Sedangkan cara membacanya dipanjangkan 3 alif atau 6 harokat (6 ketukan). 
  2. jumlah hurufnya ada 3, dimana huruf layin terletak di tengah – tengah, yaitu: ع . sedangkan cara membacanya bole 4 atau 6 harokat (6 ketukan).
  3. jumlah hurufnya ada 2, dimana yang kedua adalah huruf mad. Hurufnya ada 5 yaitu: ح ي ط ه ر . dan car membacanya dipanjangkan 2 harokat.
  4. yang terakhir ini jumlah hurufnya ada 3 dan tidak terdapat huruf mad didalamnya. Hurufnya hanya satu yaitu: ا. Cara membacanya biasa, tidak dipanjangkan. 


Itulah sedikit pembahasan kita tentang contoh mad lazim mukhafaf harfi dalam al qur'an. Bagi kalian yang ingin belajar lebih banya tentang tajdwid, anda bisa klik disini Belajar Tajwid Lengkap. Sekian dari kami, semoga bermanfat untuk kalian semua. wasalam

Tidak ada komentar untuk "Contoh Mad Lazim Mukhafaf Harfi Dalam Al Qur'an"