Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain, Mutaqaribain dan Mutamatsilain


Berikut ini hukum bacaan idgham beserta contohnya yeng tebagi ke dalam 3 bagian yaitu: Idgham Mutajanisain, Idgham Mutaqaribain dan Idgham Mutamatsilain yang akan kita bahas secara singkat dan padat. Karena sebebelumnya kita sudah membahas Idgham Bighunnah dan Bilaghunan. Maka mkali ini mari  kita belajar tajwid bersama tentang Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain, Mutaqaribain dan Mutamatsilain.

Karena belajar tajwid tidak semudah yang dibayangkan, maka sedikit demi sedikit kita dianjurkan untuk membaca. Oleh karena itu mari kita membahas hukum bacaan idgham mutajanisain, mutaqaribain dan mutamatsilain. Untuk keteragan lebih lanjut silahkan baca dibawah ini.
Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain, Mutaqaribain dan Mutamatsilain
Belajar Tajwid

1. Idgham Mutajanisain

Pengertian Idgham Mutajanisain yaitu: pertemuan dua huruf yang berbeda, namun sama makhrajnya (tempat keluarnya suara). Adapun huruf - huruf yang makhrajnya sama adalah sebagai berikut:


Cara membaca idgham mutajanisain adalah dengan mentasydidkan huruf yang ke dua, sehingga huruf pertama diabaikan atau tidak dibaca.

Contoh - contoh idgham mutajanisain:


2. Idgham Mutaqaribain

Pengertian Idgham Mutaqaribain ialah pertemuan dua huruf yang hampir sama makhrajnya namun berbeda sifatnya, Adapun huruf Idham Mutaqaribain adalah:


Cara membaca idgham mutaqaribain adalah dengan mengabaikan/tidak membaca huruf pertama dan membaca huruf kedua secara bertasdid:

Contoh - contoh idgham mutaqaribain :


3. Idgham Mutamatsilain

Idgham Mutamatsilain adalah pertemuan huruf mati / bersukun dengan huruf yang sama yang berharakat misalkan: ب dan ب

Pengecualiana pada pertemuan - pertemuan huruf berikut ini :
  1. mim (م) sukun dan mim (م) berharakat : - Idgham Mislan (dengung);
  2. nun ( ن) sukun dan nun ( ن) berharakat: - Idgaham bi ghunnah (dengung)
  3. dan huruf-huruf mad (ا و ي) - di baca panjang sebagaimana mestinya (hukum mad).


Contoh - contoh idgham mutamatsilain:


Itulah penjelasan tentang Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain, Mutaqaribain dan Mutamatsilain, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. SIlahkan baca juga semua tentang ilmu tajwid di sini Kumpulan Hukum Tajwid Lengkap.

Tidak ada komentar untuk "Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain, Mutaqaribain dan Mutamatsilain"